auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Home » , » Domain Blogspot.com Berubah Ke Blogspot.co.id Kenapa ?

Domain Blogspot.com Berubah Ke Blogspot.co.id Kenapa ?

Domain Blogspot.com Berubah Ke Blogspot.co.id Kenapa ?

Hari ini terjadi perubahan pada domain blogspot.com ke blogspot.co.id, jadi saat anda membuka  blog anda yang blogspot.com otomatis akan redirect / dialihkan ke blogspot.co.id, apakah gerangan yang terjadi ? Setelah mengecek sana sini, ternyata bukan saja blog dari indonesia dan berbahasa Indonesia saja yang akan dialihkan ke co.id, blog dari luar dan berbahasa inggris juga akan dialihkan ke blogspot.co.id. Kesimpulan sementara saya apabila kita mengakses dari IP Indonesia maka otomatis dialihkan.
Domain Blogspot.com Berubah Ke Blogspot.co.id, Kenapa ?

Efek Blogspot.com Berubah Ke Blogspot.co.id
Setelah mengecek ke di SEOQuake dan MOZbar terjadi perubahan, berikut analisis saya sementara waktu ini. Untuk salah satu blog saya :

Sebelum di Alihkan Ke Blogspot.co.id
MOZbar PA 38 dan DA 93
SEOQuake PR 0
Setelah dialihkan Ke Blogspot.co.id
MOZbar PA 1 dan DA 23
SEOQuake Pagerank PR N/A

Tambahan lagi semua blogspot yang saya buka maka  akan seperti diatas datanya, karena database Mozbar dan Seoquake masih menyimpan data yang lama. 

Apakah pengalihan domain blogspot ke domain negara mempengaruhi SEO?
Ini adalah pertanyaan yang tentunya kita harus tunggu bersama jawabannya. Tapi saya rasa pihak blogger dan Google sudah memperhitungkan itu semua. Bayangkan saja jika jumlah negara dengan spesifik domain ada 100. Itu berarti satu artikel akan ada di 100 domain berbeda. Apakah tidak akan terhitung sebagai artikel copy paste? Jawabnya adalah belum ada kepastian. 

Yang menjadi pertanyaan kedua adalah bagaimana dengan pagerank? Bukankah pagerank diarahkan ke .com? Lalu apa yang terjadi dengan semua backlink itu jika untuk indonesia yang dihidangkan adalah .co.id? Seperti data yang sudah saya sebutkan diatas, pagerank memang sudah berubah. Tapi semoga saja ini langkah awal google untuk  kembali mengupdate pagerank yang dari artikel yang banyak saya baca bahwa google sudah lama tidak mengupdate pagerank, dan terakhir akhir 2013.

Dari pantauan sekarang ini, pengalihan domain tersebut masih belum berpengaruh ke SEO dan pencarian di Google dan semoga saja tidak. Dan kita menunggu pengumuman resmi dari pihak yang terkait dan yang lebih mengerti.
Berikut ini cara mengatasi blogspot.com agar tidak redirect ke domain negara lain :
1. Login ke akun blogger.com
2. Pilih Template => Edit HTML
3. Centang Expand Widget Template
4. Tekan Ctrl+F dan cari kode </head>lalu letakkan kode berikut diatasnya
<script type="text/javascript"> var blog = document.location.hostname; var slug = document.location.pathname; var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf(".")); if (ctld != ".com") { var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf(".")); ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug; window.location.replace(ncr); } </script>

5. Save template
- See more at: http://bloggerbondowoso24.blogspot.co.id/2013/03/solusi-blogspot-supaya-tidak-redirect.html#sthash.wDrRy7gn.dpuf
Demikian sekedar catatan dan sharing saya.

Bandi Champ
Artikel Teknologi Updated at: 15.21

7 komentar:

  1. saya juga merasa kaget mas. .. semoga tidak berdampak pada SERP amin !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mas, sekarang cuma berdampak ke PA/DA dan PR. Kita lihat dulu perkembangannya...


      Hapus
  2. Shock mas, adsense saya juga gk tampil nih waduhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas, sampai kayak gitu ya rupanya...Semoga segera teratasi ya mas...

      Hapus
  3. wih keren, ada di pegwan nih :) Pasti salah satunya karena templatenya OK banget... Congratz !!!

    BalasHapus
  4. Ya cukup merepotkan tapi mau bagaimana lagi sudah kebijakan dari om google, jangan lupa mampir ke blog saya reviewapaaja[dot]com

    BalasHapus