auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Home » » Pengertian Web Server adalah Aplikasi Layanan Data yang..

Pengertian Web Server adalah Aplikasi Layanan Data yang..

Web Server Adalah ?

Mungkin bagi Anda yang baru masuk ke dunia web developer bingung tentang web server. Baiklah, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang web server.

Pengertian web server adalah suatu aplikasi layanan data yang digunakan untuk menerima data atau informasi dari HTTP atau HTTPS pada client. Dan setelah itu kita mengirimkan kembali, namun bentuknya berupa sebuah dokumen berbasis HTML.
Pengertian Web Server

Bagaimana Cara Kerja Web Server?

Cara kerja web server sebenarnya bisa dibilang agak rumit, tapi tak ada salahnya bila kita mengulasnya lebih dalam. Pada dasarnya, cara kerja web ini seperti sebuah mesin, dimana si mesin tersebut berfungsi sebagai wadah dari suatu software yang bekerja mengirim web page ke si user.

Dan ada juga cara kerja web server yang lain, yaitu dengan cara menghubungkan web server dengan web browser internet. Cara ini pada dasarnya menggabungkan jaringan komputer yang ada di penjuru dunia ini. Nah, kemudian setelah semua bagian atau hal-hal yang sudah di butuhkan terhubung(seperti protokol TCP, IP, atau networking protokol), maka kemungkinan besar sudah dapat digunakan, yang artinya seluruh komputer yang ada di dunia ini sudah bisa berkomunikasi.

Oke kita akan menuju ke penjelasan yang lebih "dalam". Saat si browser membutuhkan data-data website yang dibutuhkan ke server, tentu yang permintaan data yang dibutuhkan si browser tersebut akan otomatis masuk ke dalam TCP, setelah itu data-data yang sudah ada di TCP akan dikirim menuju alamat(dalam artian HTTP atau kepanjangannya adalah Hyper Text Transfer Protocol.  

Apa Fungsi Web Server?

Oke tadi Artikel Teknologi .com sudah membahas tentang bagaimana cara kerja dari web server, sekarang yuk mari kita bahas apa sih fungsi dari web server itu? Sebenarnya, web server ini memiliki fungsi utama, yaitu berguna untuk mengirim atau men-transfer file request user(atau bila diartikena menjadi bahasa Indonesia yaitu berkas permintaan pengguna) lewat communication protocol yang sudah diatur sebelumnya.

Nah, data-data yang terkirim tersebut bisa berupa teks saja, video, kemudian juga bisa image atau gambar, lalu berkas atau file, dan lain-lain. Intinya, web server itu berfungsi untuk mengirim data berupa teks, video, gambar, dan berbagai media lainnya.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis web server, di antaranya adalah:
  • Apache Web Server / The HTTP Web Server
  • Microsoft windows Server 2008 IIS (Internet Information Services)
  • Lighttpd
  • Zeus Web Server
  • Sun Java System Web Server
  • Apache Tomcat
Kesimpulan
Oke, pada bagian ini kita akan mengambil sebuah kesimpulan yang sudah saya rangkum dari penjelasan tentang web server yang sudah saya paparkan di atas.

Kesimpulannya adalah, kita dapat mengakses sebuah website dengan super cepat dan kita memiliki koneksi internet yang juga super cepat, namun perlu di ketahui bahwa, seberapa cepat pun koneksi internet kita, mau itu 1 MB per detik, 10 MB per detik, atau 100 GB per detik tidak akan bisa mengakses website tersebut bila ada masalah dalam pengiriman data menuju ke website yang diakses.

Jadi bila ada kendala atau masalah pada bagian web server, yang ada tentunya kita tak akan bisa mengakses website tersebut. Baiklah, sekian artikel ini saya sampaikan, semoga artikel atau informasi ini dapat membantu.

Bandi Champ
Artikel Teknologi Updated at: 09.23

0 komentar:

Poskan Komentar