8 Perbedaan Utama dari Internet dan Intranet

Posted on

Perbedaan internet dan intranet – Masih banyak orang yang menganggap bahwa internet dan intranet itu sama saja. Ada juga yang masih bingung dimana letak perbedaannya. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah siapa yang bisa mengaksesnya.

 Internet bisa diakses siapa saja sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh beberapa user yang sudah lolos verifikasi. Berikut ini perbedaan-perbedaan utama antara internet dan intranet.

1.  Internet menghubungkan berbagai jaringan komputer dari seluruh dunia, sedangkan intranet hanya menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam suatu jaringan komputer tertentu contohnya komputer-komputer yang berada dalam jaringan komputer perusahaan.

2. Intranet merupakan bagian dari internet, tapi tidak sebaliknya.

3. Siapapun bisa mengakses internet, sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan saja. Biasanya untuk bisa masuk ke intranet, user harus login terlebih dahulu.

4. Keamanan internet sangat rapuh dikarenakan aksesibilitasnya yang luas. Data dan informasi penting yang ditransfer atau dikirimkan melalui internet bisa saja bocor ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Keamanan jaringan intranet lebih kuat karena aksesibilitasnya yang terbatas.

Jika pihak luar bisa mendapatkan data informasi yang ada di dalam server intranet, itu berarti ada sumber orang dalam yang membocorkannya jadi perusahaan lebih mudah mengidentifikasi sumber kebocorannya.

5. Jumlah user yang bisa mengakses internet tidak terbatas, sedangkan jumlah user intranet dibatasi dalam satu perusahaan atau satu organisasi saja.

6. Konten-konten yang ada di internet terdiri dari berbagai jenis dan berasal dari berbagai sumber. Konten-konten tersedia bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya. Sedangkan konten-konten yang ada di jaringan intranet merupakan konten yang sudah spesifik dan hanya berguna bagi kepentingan organisasi atau perusahan. Konten intranet hanya tersedia bagi staf organisasi dan tidak ditujukan untuk publik.

7. Internet tidak dimiliki oleh golongan atau organisasi tertentu. Sedangkan jaringan intranet merupakan kepunyaan suatu organisasi atau perusahaan tertentu. Makanya jaringan internet disebut sebagai jaringan publik dan jaringan intranet disebut sebagai jaringan private.

8. Internet bisa menggunakan berbagai macam jaringan teknologi seperti teknologi wireless, optic, atau elektronik. Sedangkan intranet kebanyakan hanya menggunakan teknologi LAN atau WAN.

Itulah perbedaan internet dan intranet. Jadi Anda sudah tidak bingung lagi kan dengan keduanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *