Manfaat Utama Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Posted on

Manfaat jaringan komputer – Jaringan komputer merupakan suatu sistem jaringan dengan sebuah media transmisi sehingga beberapa komputer yang terhubung pada media tersebut bisa saling berhubungan satu sama lain dan bisa saling berbagi data. Jaringan komputer memiliki banyak manfaat seperti:

 Saling berbagi informasi
Melalui jaringan komputer, pengguna komputer bisa berbagi ide dan informasi meskipun mereka berada di lokasi yang berjauhan. Dengan begitu, jaringan komputer memungkinkan para pengguna komputer mengkombinasikan kemampuan dan keahlian mereka masing-masing sehingga mereka lebih efisien dan produktif dalam bekerja.

Para pengguna komputer dalam satu jaringan komputer bisa menyimpan ataupun mengambil informasi dalam bentuk apapun (teks, gambar, suara, atau video) yang ada di komputer manapun dalam jaringan.

Hemat biaya dan waktu
Jaringan komputer membantu perusahaan atau organisasi dalam menghemat biaya pengeluaran untuk membeli hardware serta menghemat waktu pemeliharaan sistem komputer. Contohnya perusahaan tidak perlu membeli printer untuk tiap komputer yang ada. Perusahaan cukup membeli satu printer saja yang bisa diakses dengan mudah oleh komputer-komputer dalam jaringan.

Pemeliharaan sistem komputer hanya perlu dilakukan dari satu lokasi saja dan sudah mencakup pemeliharaan sistem semua komputer yang terhubung. Jadi tidak perlu buang-buang waktu untuk mengecek sistem komputer satu persatu.

Memfasilitasi urusan internal perusahaan
Dengan jaringan komputer, urusan internal perusahaan bisa diselesaikan dengan lebih efisien. Contohnya pengaturan meeting. Perusahaan bisa menggunakan software yang bisa diakses tiap karyawan di berbagai lokasi untuk menginput jadwal masing-masing. Jadi saat perusahaan ingin mengadakan meeting, software akan mencari jadwal yang tepat yang bisa dihadiri semua karyawan. Meetingnya pun tidak perlu dihadiri karyawan secara fisik.

Jaringan komputer bisa memfasilitasi teleconference sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk karyawan yang berada di tempat yang jauh. Beberapa karyawan pun bisa bersama-sama mengerjakan satu proyek secara real time meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda. Urusan internal perusahaan bisa diselesaikan dengan cara yang lebih praktis dan efisien dari segi hal biaya dan waktu berkat jaringan komputer. Alhasil produktivitas perusahaan pun akan semakin meningkat. Itulah 3 manfaat jaringan komputer bagi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *