technology, video conferencing, computer video game, auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Home » » Pengertian dan Macam-Macam Hardware

Pengertian dan Macam-Macam Hardware

Pengertian hardware adalah komponen-komponen fisik dari sebuah komputer. Hardware tidak hanya yang tampak dari luar saja seperti keyboard, printer, mouse, atau monitor, tapi juga termasuk bagian internal komputer yang tertutupi casing seperti motherboard, CPU, kartu grafiks, kipas, power supply dan lain-lain. Hardware baru bisa berfungsi ketika ada instruksi dari software.



Tapi software juga tidak akan berfungsi jika hardware tidak tersedia lengkap. Jadi hubungan antara hardware dan software adalah hubungan timbal balik. Hardware terbagi atas empat komponen utama yaitu:

1. Perangkat input – merupakan perangkat yang digunakan untuk menginput data atau informasi ke dalam sistem komputer. Contoh perangkat input adalah keyboard, mouse, touchpad, scanner, webcams, microphone, dan joystick.

2. Perangkat output – merupakan perangkat yang bisa menampilkan data atau informasi yang bisa dibaca atau dianalisis oleh manusia (brainware). Contoh perangkat output adalah monitor, speaker, dan printer.

3. Perangkat proses – merupakan perangkat yang memproses semua data atau informasi yang masuk ke dalam sistem komputer. Contoh perangkat proses adalah motherboard, CPU, RAM, chipset, CD / DVD Drive, ROM, graphic card, dan sound card.

4. Perangkat penyimpanan – merupakan perangkat yang bertanggung jawab menyimpan semua data dan informasi yang diinput ke dalam sistem komputer. Perangkat penyimpanan terbagi atas dua tipe. Pertama adalah media penyimpanan yang terpasang tetap dalam komputer seperti hard drive (HD) dan solid-state drive (SSD).

Tipe kedua adalah media penyimpanan yang bisa dilepas pasang seperti USB flash disk dan HD external yang disambungkan pada komputer melalui USB port, dan optical disk seperti CD dan DVD yang hanya bisa digunakan ketika komputer tersebut memiliki optical disk drive. Laptop-laptop generasi terbaru yang memakai istilah ultra umumnya tidak memiliki optical disk drive agar laptop bisa berwujud tipis. Sebagai alternative, Anda bisa menggunakan optical disk drive external yang bisa dilepas pasang.

Ada juga perangkat tambahan seperti casing untuk melindungi perangkat internal komputer, dan power supply sebagai penyedia energi bagi komputer. Jadi kesimpulannya, pengertian hardware adalah perangkat keras komputer yang bisa dilihat dan disentuh secara langsung karena ada bentuk fisiknya.

Bandi Champ
Artikel Teknologi Updated at: 14.22

0 komentar:

Posting Komentar