technology, video conferencing, computer video game, auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Home » , » Sekilas Info Mengenai Pengertian Software

Sekilas Info Mengenai Pengertian Software

Pengertian software adalah sebuah program yang berupa serangkaian instruksi sehingga komputer bisa mengerjakan tugas spesifik yang disebutkan dalam instruksi. Yang mengerjakan tugas tersebut adalah hardware. Jadi software adalah penghubung antara user dan hardware komputer karena hardware baru bisa bekerja ketika ada instruksi dari software. Namun software baru bisa bekerja ketika hardware sudah lengkap.

 Software komputer termasuk program atau aplikasi yang tersimpan dalam sistem komputer. Contoh-contoh software adalah antivirus, aplikasi pemutar video, browser internet, sistem operasi, aplikasi pemutar musik, games, e-mail, word processor, dan masih banyak lagi lainnya. Sebagian pakar berpendapat bahwa file yang diinput dalam sistem komputer atau file yang dihasilkan oleh sebuah program tidak termasuk software contohnya document hasil word processor. Tapi sebagian lainnya berpendapat bahwa software merupakan semua data yang tersimpan dalam komputer termasuk program dan file-filenya.

Software harus diinstal dahulu dalam sistem komputer sebelum bisa digunakan. Software bisa didapat dalam bentuk disk yang dibeli dari toko-toko retail komputer atau diunduh melalui internet. Sama seperti hardware, software pun perlu perawatan dan pemeliharaan. Caranya adalah dengan mengupdate software secara berkala. Update-an ini berfungsi menemukan eror atau bug pada sistem software serta memperbaikinya.

Kerusakan software biasanya sistematik tapi kerusakan ini tidak dipengaruhi oleh usia software. Tidak seperti hardware yang semakin tua usianya maka hardware akan berubah menjadi usang dan semakin gampang rusak. Tapi perlu diketahui jika software yang dipakai adalah versi lama maka ada kemungkinan versi tersebut sudah tidak didukung lagi oleh penyedia software. Dengan kata lain sudah tidak ada updatean yang kompatibel dengan versi lama tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan munculnya bug pada software dan menurunkan performa software dalam mengerjakan task.

Software tidak bisa disentuh secara nyata, namun performanya bisa dirasakan dan disaksikan. Tingkat performanya pun bisa diatur melalui bahasa pemrograman jadi human user atau orang yang mengoperasikan komputer bisa berinteraksi lebih efisien lagi dengan hardware. Jadi kesimpulannya, pengertian software adalah perangkat logika dalam sistem komputer.

Bandi Champ
Artikel Teknologi Updated at: 15.21

0 komentar:

Posting Komentar