Bisnis

Ingin Tahu Bagaimana Cara Mengirimkan Barang Dari Luar Negeri Ke Indonesia? Simak Penjelasannya

Ingin Tahu Bagaimana Cara Mengirimkan Barang Dari Luar Negeri Ke Indonesia? Simak Penjelasannya

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia merepotkan dan memakan waktu lama. belum lagi mengurus dokumen-dokumen pelengkap, biaya kirim yang mahal, serta risiko yang besar.

Namun sebenarnya jika mendapatkan jasa ekspedisi yang terpercaya, mengirim barang ke luar negeri tidak lagi menyulitkan. Termasuk cara mengirim barang ke negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi.

Step By Step Cara Mengirim Barang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

Untuk mengirimkan barang ke Arab Saudi, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Termasuk mengetahui ongkir Indonesia ke Arab Saudi. Berikut adalah penjelasannya.

Kontak Costumer Service

Perusahaan jasa ekspedisi pasti memiliki perwakilan di negara yang akan menjadi tujuan. Untuk menghindari kesalahan dalam cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia, hubungi costumer service ekspedisi yang bersangkutan.

Dapatkan Estimasi Harga

Harga adalah poin penting dalam pengiriman barang. Dari costumer service akan didapatkan estimasi harga yang harus dibayar. Terkadang ada perbedaan antara ongkir Indonesia ke Arab Saudi dan sebaliknya. Namun tidak terlalu besar.

Lakukan Pembayaran Dan Terima Tanda Pembayaran

Sebelum barang dijemput oleh perwakilan ekspedisi, pembayaran harus dilunasi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyimpan tanda terima pembayaran sebagai bukti.

Seluruh Dokumen Pengiriman Anda Disiapkan

Untuk pengiriman barang antar negara, biasanya diperlukan dokumen-dokumen sebagai berikut:

Packing List 

Dokumen ini merupakan daftar barang yang akan dikirimkan. Setiap barang dengan jenis berbeda bisa jadi memiliki ongkos kirim yang berbeda pula.

Invoice

Invoice merupakan kwitansi atau tanda bukti pengiriman. Berisi informasi tentang jenis barang, ukuran, jumlah, dan harga kirim per unit.

Dokumen Pelengkap

Dokumen pelengkap lainnya tergantung kepada jenis barang yang dikirim. Serta dari negara mana barang dikirimkan. Misalnya dokumen asuransi, Surat Keterangan Asal, air waybill, shipping instruction, dll.

Menghitung Volume, Berat Dan Harga Kirim 

Pada beberapa ekspedisi, barang akan dijemput ke lokasi pengirim. Namun ada juga yang diantar ke drop point atau kantor perwakilan. Di sana barang akan dihitung volume dan beratnya untuk menentukan ongkir sebenarnya. Jika ada selisih maka harus dilakukan pelunasan.

Pengiriman

Setelah semua proses selesai, barang akan dikirimkan ke Indonesia. Kemudian disampaikan langsung ke alamat penerima. 

Ternyata mudah bukan, cara mengirimkan barang dari luar negeri ke Indonesia. Jangan lupa untuk memilih jasa ekspedisi yang berpengalaman, memiliki jaringan luas dan terpercaya seperti kilo.id. Maka barang Anda akan tiba dengan baik dan tepat waktu.

Share this post

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.