Regional

VIRAL Video Gadis Cerita Pengalamannya Dirawat di RSJ, Merasa Senang dan Sedih Ketika Pulang

VIRAL Video Gadis Cerita Pengalamannya Dirawat di RSJ, Merasa Senang dan Sedih Ketika Pulang

Video seorang gadis membagikan kisahnya saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ), viral di media sosial. Ia mengunggah kisahnya di akun TikTok , Selasa (3/8/2021). Dalam videonya, gadis tersebut mengungkapkan kegiatannya dari bangun tidur hingga malam hari.

Pukul 06.00 WIB, ia dibangunkan oleh perawat, lalu bersih bersih dan sarapan. Kemudian, para pasien melakukan olahraga pagi. Ia dan pasien lainnya lalu mendapat makanan ringan pada pukul 09.00 WIB.

Pengunggah bisa bertemu keluarga pada jam besuk pukul 10.00 12.00 WIB. Setelah makan siang, pasien lalu melakukan kegiatan seni pukul 13.00 WIB. Mereka kembali mendapat makanan ringan pukul 15.00 WIB, dan makan malam pukul 18.00 WIB.

Pengunggah dan pasien lainnya harus tidur pukul 21.00 WIB. Kisah itu diunggah oleh Yovania Asyifa Jami (19) asal Bekasi, Jawa Barat. Ia pernah dirawat di RSJ selama 21 hari pada 2018 silam.

Yovania keluar dari rumah sakit jiwa pada Maret 2018. Dirinya mengaku, sampai sekarang masih rutin menjalani konsultasi dan meminum obat dari psikiater. Awalnya, gadis tersebut didiagnosis Skizofrenia , yakni gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang.

Lalu, diagnosis akhirnya adalah Unspecified Bipolar Disorder . Yovania pun mengaku sempat tak mengenali dirinya sendiri. "(Masuk RSJ) Karena sudah ada di fase 'blank' tidak sadarkan diri secara total."

Setelah bisa keluar dari RSJ, dirinya mengungkapkan jika perasaannya campur aduk. Ia mengaku senang bisa pulang, tapi juga sedih harus berpisah dengan pasien dan perawat di RSJ. "Senang karena akhirnya bisa pulang dan menjalankan aktivitas seperti biasa," ungkapnya.

"Ada sedihnya juga, karena sudah mulai dekat dengan pasien dan perawat di RSJ," beber Yovania. Kemudian, mengenai unggahannya yang viral, dirinya tak menyangka. Namun, Yovania bersyukur bisa memberi pemahaman melalui videonya di TikTok.

"Awalnya enggak menyangka videonya bisa viral," kata dia. "Bersyukur bisa memberikan pemahaman yang lebih terkait RSJ dari sisi penyintas," imbuhnya.

Share this post

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.